Selasa, 23 Oktober 2018

Tips mempercepat kinerja Laptop yang lemot



Dewasa ini, peran teknologi di kehidupan sudah tidak terbantahkan lagi. Berbagai aspek sehari-hari sangat memerlukan teknologi, salah satunya adalah PC atau laptop. Laptop sudah menjadi kebutuhan manusia saat ini dalam menunjang pekerjaan kantor ataupun tugas-tugas kuliah dan sekolah. Namun apa jadinya jika laptop tersebut saat digunakkan, kecepatannya tiba-tiba berkurang atau lemot? Mungkin tips-tips dibawah ini bisa mengatasi permasalahan tersebut:

1.      Uninstall Aplikasi/Program yang tidak digunakkan
Keberadaan program-program yang terlalu banyak, apalagi program tersebut berukuran besar dan tidak digunakkan, sebaiknya diuninstall. Keberadaan program ini terkadang memakan kuota Hardisk yang banyak dan dapat membuat kinerja Laptop/PC menjadi Lambat.
2.      Jangan Membuka program yang terlalu banyak pada saat yang bersamaan.
Biasanya, seseorang yang sedang mengerjakan tugas sekolah, kuliah, atau kantor, akan membuka program yang banyak untuk mengerjakanya. Teruntuk Laptop yang memiliki Spesifikasi High-end dan mumpuni, mungkin hal ini tidak akan menjadi masalah. Namun untuk Laptop berspesifikasi menengah atau bahkan rendah, kinerjanya pasti akan sedikit berkurang. Karena jika Kapasitas RAM di dalam laptop tersebut tidak mampu lagi untuk mejalankan program yang banyak, maka yang terjadi Kinerjanya akan lemot, dan bahkan bisa memicu Blue screen, dan laptop bisa restart sendiri.
3.      Upgrade RAM
Untuk sekedar diketahui, Random Acces Memory (RAM) bukan tempat penyimpanan permanen seperti memori-memori pada umunya. RAM ini berperan menjadi media dalam menjalankan suatu program-program di dalam Laptop/PC. Nah, RAM tersebut juga memiliki ukuran. Yang paling umum untuk laptop menengah adalah berukuran 2GB. apa jadinya jika program yang dijalankan bersamaan tersebut membutuhkan RAM lebih 2GB? Maka pastinya yang telah disebutkan di poin nomor 2, kinerja laptop akan melambat dan berpotensi Blue screen.
Semakin besar kapasitasnya, maka semakin bagus performa yang akan didapatkan. Mungkin cara nomor 3 ini adalah cara yang paling ampuh, namun biaya untuk membeli 1 keping RAM, biaya yang dikeluarkan juga tidak sedikit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar